Pertahankan Bisnis, Industri Sepatu Dituntut Harus Kreatif

Pengalaman paling menarik bagi Valentina justru yang sangat membuatnya sedih. Saat pada akhirnya bekerja sama dengan salah satu pabrik, ternyata dia tidak bisa mengelola keuangan dengan baik. Uang yang seharusnya untuk sepatu malah digunakan untuk keperluan yang lain dan selalu terjadi lagi. Sampai semua barang pesanan di-delay dan dia harus bertanggung jawab atas pesanan ratusan orang.

Bisnis Sepatu

Cari sepatu dengan merk-merk yang sangat populer di Indonesia, sehingga bisa menjualnya dengan harga lebih tinggi karena merknya yang dikenal. Namun, sebelum kamu belanja grosir secara on-line, pastikan jika provider yang kamu pilih tersebut merupakan supplier terpercaya. Selain itu, pertimbangkan pula mengenai masalah harga grosir yan ditawarkan tanpa mengesampingkan kualitas produk.

Untuk mengatasi hal ini, menurut Kara para pelaku bisnis harus selalu memposisikan diri sebagai konsumen dan melakukan riset pasar agar menghasilkan inovasi yang sesuai. Popularitas sepatu jewellery membuatnya menjadi tren di tengah masyarakat. Akibatnya semakin banyak pelaku bisnis yang mengadopsi ide bisnis serupa. Langkah ini bisa dilakukan bagi mereka yang tidak mau direpotkan dengan proses produksi.

Dengan varian mannequin yang ditawarkan akan lebih memudahkan konsumen untuk menentukan produk sepatu impor yang ditawarkan. Bahkan kabarnya, akibat pengembangan mannequin serta inovasi yang telah dilakukan para produsen lokal, sepatu-sepatu mereka tak hanya diminati konsumen lokal saja, tetapi juga konsumen luar negeri. Karenanya jangan heran kalau kini tengah banyak pengusaha yang membuka usaha sepatu lokal. Selain strategi marketing, produk lokal ini juga memiliki berbagai promo menarik.

Untuk target pasar dari bisnis Sneakers sendiri, sebenarnya mencakup untuk semua kalangan, mulai dari anak kecil hingga orang tua. Namun ada baiknya Anda untuk memfokuskan terlebih dahulu penjualan produk-produk Anda kepada kalangan anak muda ataupun remaja dengan mencari mannequin sepatu yang kekinian, trendy, hingga sporty. Untuk melancarkan panduan nomor 1, Anda harus melaksanakan panduan nomor 2. Membuat media sosial menjadi penting untuk membantu bisnis reseller sepatu sneakers Anda. Sebab, media sosial selalu menjadi media penyebaran andalan yang digunakan berbagai macam kalangan. Usaha sepatu yang dijalankan di rumah secara sederhana mampu berkembang pesat.

Bisnis penjualan sepatu lumayan menguntungkan karena usaha ini bisa dikombinasikan dengan usaha sejenis seperti berjualan sandal, tas dll. Hal inilah yang membuat banyak pengusaha di Indonesia mulai melirik bisnis sepatu dan segala keuntungan yang ada. Untuk memulai bisnis sepatu sangat mudah dan dapat dilaksanakan dengan modal minim sampai nol tanpa modal. Sebelum sukses seperti sekarang, Vincent memulai bisnisnya dengan menjual produk sepatu sisa cuci gudang secara offline. Lain halnya untuk kelas menengah ke bawah, harga sepatu yang murah masih menjadi daya tarik utama bagi mereka walaupun kualitas serta daya tahan sepatu tidaklah baik. “Kan yang dicari orang dari sepatu ya itu, nyaman berkualitas serta modelnya baik,” sebut Fitrah penggemar sepatu lokal berkualitas di Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal ini juga yang dihadapi Putri Katianda dan Kara Nugroho saat mendirikan PVRApada saat membangun bisnis sepatu mereka di tahun 2015. Kini 6 tahun berjalan, kini PVRA telah memiliki beberapa gerai offline dan banyak kanal e-commerce untuk memudahkan merangkul para pelanggan? Meski dalam kurun waktu lima tahun merek sepatu Anda sudah dikenal masyarakat, bukan berarti promosi berhenti. Promosi perlu dilakukan terus-menerus untuk meyakinkan masyarakat bahwa merek Anda masih eksis dan tetap menjadi produk berkualitas dan layak dimiliki. Maklum, kalau gaung merek tidak terdengar lagi, konsumen pun akan pindah ke lain hati.

Hal tersebut salah, sebab pengemasan dapat memengaruhi pandangan pembeli. Dikarenakan semakin banyaknya agen dan grosir sepatu safety misalkan atau sepatu casual? Perluas jaringan yang dapat mendukung bisnis sepatu Anda, misalnya dengan pabrik-pabrik atau distributor langsung sepatu. Atur barang-barang yang akan dipromosikan, jangan semua dikeluarkan.

Menggapai kesuksesan dalam usaha persepatuan wanita bukan keniscayaan, karena ketika berada dalam keterpurukan, Vincent memutar otak dan mencari peluang usaha lainnya. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan menjajakan produknya di pasar daring, melalui Shopee. “Saya mengajukan, bikin proposal perencanaan bisnis sepatu, dan Alhamdulillah diterima. Uang itu saya pakai untuk mengembangkan usaha sepatu saya,” ujarnya. Lahir di kota Purworejo, Mustangin sempat mengenyam pendidikan jurusan ekonomi di salah satu kampus swasta di Yogya. Dari sinilah ia banyak terinspirasi pada seni batik, bahkan Mustangin mempelajari secara detail agar bisa memadupadankan motif batik di produk sepatu.

Namun wanita, selain gemar dalam mengoleksi sepatu, mereka juga memiliki kebiasaan membeli sepatu lebih dari satu. Dalam berbusana, biasanya mereka memakai sepatu yang disesuaikan dengan warna baju agar serasi. Heru menyebut, pengusaha yang melakukan peralihan tersebut memang belum banyak. “Namun, ini adalah sebuah tren baru untuk menjaga penjualan di tengan Covid-19. Tidak menutup kemungkinan akan diikuti oleh yang lain,” lanjutnya.